Follow My Instagram

RPP PAI Kelas VII Semester 2 Hormat dan Patuh pada Orangtua dan Guru, serta Empati terhadap Sesama

Sekolah : SMP Negeri 1 Pulo Aceh
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester : VII/ 2
Materi Pokok : Hormat dan Patuh pada Orangtua dan Guru, serta Empati terhadap Sesama
Alokasi Waktu : 2 Pertemuan (6 Jam Pelajaran)
Kode KD : 1.6, 2.6, 3.6, 4.6.

A. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1:
  1. Melalui model pembelajaran testimoni (reflextive thinking), peserta didik mampu:
  2. Menyebutkan lima jasa orangtua dengan baik.
  3. Menyebutkan lima jasa guru dengan baik.
  4. Menyebutkan lima cara menghormati dan mematuhi orangtua dengan tepat.
  5. Mengungkapkan lima cara menghormati dan mematuhi guru dengan tepat.
  6. Menjelaskan pengertian empati dengan benar.
  7. Menjelaskan empat wujud empati dengan tepat.
Pertemuan 2:
  1. Melalui model pembelajaran bermain peran (role playing), peserta didik mampu:
  2. Menyajikan satu contoh hormat dan patuh pada orangtua dengan baik.
  3. Menyajikan satu contoh hormat dan patuh pada guru dengan baik
  4. Menyajikan satu contoh empati terhadap sesama dengan benar.

B. Langkah-Langkah (Kegiatan) Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan:
  1. Membuka pembelajaran dengan mengucap salam, dilanjutkan salah seorang peserta didik memimpin doa akan belajar dan pembacaan al-Quran surah pilihan.
  2. Melakukan appersepsi dan memotivasi peserta didik pentingnya mempelajari materi Hormat dan Patuh pada Orangtua dan Guru, serta Empati terhadap Sesama.
  3. Menyampaikan kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, dan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
  4. Mengadakan tes awal (pretest).

b. Kegiatan Inti:
Pertemuan 1:
  1. Pembagian lima kelompok.
  2. Berdasarkan pengalaman yang pernah dilakukan, tiap kelompok diberi tugas untuk menuliskan 10 jasa orangtua, 10 jasa guru, 10 cara menghormati dan mematuhi orangtua, 10 cara menghormati guru, dan 5 contoh berempati pada sesama.
  3. Tiap kelompok mempresentasikan hasil pengalaman berdasarkan tugas yang diberikan oleh guru.
Pertemuan 2:
  1. Mengamati tayangan contoh menghormati dan mematuhi orangtua, guru dan empati terhadap sesama.
  2. Mengajukan pertanyaan tentang contoh menghormati dan mematuhi orangtua, guru dan empati terhadap sesama. Secara berkelompok menyusun skenario untuk menyajikan contoh menghormati orangtua, guru dan empati.
  3. Setiap kelompok berlatih bermain peran tentang contoh menghormati dan mematuhi orangtua, guru, dan empati.
  4. Setiap kelompok tampil memerankan contoh menghormati dan mematuhi orangtua, guru, dan empati.

c. Kegiatan Penutup:
  1. Pemberikan penguatan dan menyimpulkan materi tentang menghormati dan mematuhi orangtua, guru, dan empati.
  2. Peserta didik bersama guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
  3. Peserta didik mengungkapkan pesan moral yang diperoleh dari pembelajaran.
  4. Peserta didik mengerjakan tes akhir (post test).
  5. Penyampaikan rencana kegiatan pertemuan berikutnya.
  6. Peserta didik dan guru bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.
C. Penilaian Pembelajaran
  1. Sikap Spiritual: Teknik Penilaian: Penilaian Diri; Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian Diri.
  2. Sikap Sosial: Teknik Penilaian: Observasi; Bentuk Instrumen: Jurnal.
  3. Pengetahuan: Teknik Penilaian: Tes Tertulis; Bentuk Instrumen: Lembaran Tes Tertulis.
  4. Keterampilan: Teknik Penilaian: Praktik; Bentuk Instrumen: Lembar Penilaian Praktik.

Aceh Besar, Juli 2020

Mengetahui;
Kepala SMP Negeri 1 Pulo Aceh,             Guru Mata Pelajaran,




Radenroro Dwilistia Candramila, SH         Indra Kurniawan, S. Pd. I
NIP. 19711122 200504 2 002                     NIP. 19920904 201903 1 011
Baca Juga

Kolom Komentar

Apa Tanggapan Anda?

Lebih baru Lebih lama

Ayo Lihat Produk Kami..!!