Sekolah : SMP Negeri 1 Pulo Aceh
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester : VII/ 2
Materi Pokok : Hormat dan Patuh pada Orangtua dan Guru, serta Empati terhadap Sesama
Alokasi Waktu : 2 Pertemuan (6 Jam Pelajaran)
Kode KD : 1.6, 2.6, 3.6, 4.6.
A. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1:
- Melalui model pembelajaran testimoni (reflextive thinking), peserta didik mampu:
- Menyebutkan lima jasa orangtua dengan baik.
- Menyebutkan lima jasa guru dengan baik.
- Menyebutkan lima cara menghormati dan mematuhi orangtua dengan tepat.
- Mengungkapkan lima cara menghormati dan mematuhi guru dengan tepat.
- Menjelaskan pengertian empati dengan benar.
- Menjelaskan empat wujud empati dengan tepat.
Pertemuan 2:
- Melalui model pembelajaran bermain peran (role playing), peserta didik mampu:
- Menyajikan satu contoh hormat dan patuh pada orangtua dengan baik.
- Menyajikan satu contoh hormat dan patuh pada guru dengan baik
- Menyajikan satu contoh empati terhadap sesama dengan benar.
B. Langkah-Langkah (Kegiatan) Pembelajarana. Kegiatan Pendahuluan:
- Membuka pembelajaran dengan mengucap salam, dilanjutkan salah seorang peserta didik memimpin doa akan belajar dan pembacaan al-Quran surah pilihan.
- Melakukan appersepsi dan memotivasi peserta didik pentingnya mempelajari materi Hormat dan Patuh pada Orangtua dan Guru, serta Empati terhadap Sesama.
- Menyampaikan kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, dan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
- Mengadakan tes awal (pretest).
b. Kegiatan Inti:Pertemuan 1:
- Pembagian lima kelompok.
- Berdasarkan pengalaman yang pernah dilakukan, tiap kelompok diberi tugas untuk menuliskan 10 jasa orangtua, 10 jasa guru, 10 cara menghormati dan mematuhi orangtua, 10 cara menghormati guru, dan 5 contoh berempati pada sesama.
- Tiap kelompok mempresentasikan hasil pengalaman berdasarkan tugas yang diberikan oleh guru.
Pertemuan 2:
- Mengamati tayangan contoh menghormati dan mematuhi orangtua, guru dan empati terhadap sesama.
- Mengajukan pertanyaan tentang contoh menghormati dan mematuhi orangtua, guru dan empati terhadap sesama. Secara berkelompok menyusun skenario untuk menyajikan contoh menghormati orangtua, guru dan empati.
- Setiap kelompok berlatih bermain peran tentang contoh menghormati dan mematuhi orangtua, guru, dan empati.
- Setiap kelompok tampil memerankan contoh menghormati dan mematuhi orangtua, guru, dan empati.
c. Kegiatan Penutup:
- Pemberikan penguatan dan menyimpulkan materi tentang menghormati dan mematuhi orangtua, guru, dan empati.
- Peserta didik bersama guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
- Peserta didik mengungkapkan pesan moral yang diperoleh dari pembelajaran.
- Peserta didik mengerjakan tes akhir (post test).
- Penyampaikan rencana kegiatan pertemuan berikutnya.
- Peserta didik dan guru bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.
C. Penilaian Pembelajaran
- Sikap Spiritual: Teknik Penilaian: Penilaian Diri; Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian Diri.
- Sikap Sosial: Teknik Penilaian: Observasi; Bentuk Instrumen: Jurnal.
- Pengetahuan: Teknik Penilaian: Tes Tertulis; Bentuk Instrumen: Lembaran Tes Tertulis.
- Keterampilan: Teknik Penilaian: Praktik; Bentuk Instrumen: Lembar Penilaian Praktik.
Aceh Besar, Juli 2020
Mengetahui;
Kepala SMP Negeri 1 Pulo Aceh, Guru Mata Pelajaran,
Radenroro Dwilistia Candramila, SH Indra Kurniawan, S. Pd. I
NIP. 19711122 200504 2 002 NIP. 19920904 201903 1 011
Posting Komentar
Apa Tanggapan Anda?