Perlunya inovasi besar pengaruhnya terhadap kegiatan di sekolah, yaitu: kegiatan belajar mengajar; faktor internal dan eksternal; dan sistem pendidikan.
Kunci keberhasilan dalam pengelolaan kegiatan belajar mengajar ialah kemampuan pendidik sebagai tenaga profesional. Pendidik sebagai tenaga yang telah dipandang memiliki keahlian tertentu dalam bidang pendidikan, diserahi tugas dan wewenang untuk mengelola kegiatan belajar mengajar agar dapat mencapai tujuan tertentu, yaitu terjadi perubahan tingkah laku peserta didik sesuai dengan tujuan pendidikan nasional dan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Oleh karenanya pendidik harus senantiasa berupaya melakukan berbagai karya inovasi dalam pendidikan dan pembelajaran.
Perencanaan karya inovasi harus memperhatikan mana kelompok yang mempengaruhi (dalam hal ini adalah pendidik) dan kelompok yang dipengaruhi (peserta didik) oleh sekolah sebagai sistem pendidikan. Faktor internal yang mempengaruhi pelaksanaan sistem pendidikan dengan karya inovasi pendidikannya adalah peserta didik. Peserta didik sangat besar pengaruhnya terhadap proses inovasi karena tujuan pendidikan untuk mencapai tujuan perubahan tingkah laku peserta didik.
Faktor eksternal yang mempunyai pengaruh dalam proses inovasi pendidikan dan pembelajaran adalah orang tua peserta didik. Peran serta orang tua peserta didik dalam menunjang kelancaran proses inovasi pendidikan sangat diperlukan, baik sebagai penunjang secara moral membantu dan mendorong kegiatan peserta didik untuk melakukan kegiatan belajar sesuai dengan yang diharapkan sekolah, maupun sebagai penunjang dana.
Tahapan Pembuatan Karya Inovatif
A. Analisis CP
Langkah pertama dalam proses perencanaan karya inovatif adalah menganalisis capaian pembelajaran atau tujuan pembelajaran.
Dalam proses analisis ini, peserta menganalisis setiap capaian pembelajaran di https://s.id/cp_update secara nasional ataupun di http://s.id/CP_FASE_D_PIA_PAI khusus PAI dan mengidentifikasi masalah yang ditemui dalam pencapaiannya, kemudian peserta memprediksi karya inovatif yang dapat dibuat untuk memudahkan pencapaian tujuan pembelajaran.
Selain menganalisis capaian pembelajaran, peserta dapat juga menganalisis permasalahan-permasalahan yang muncul dalam lingkungan kerja atau lingkungan masyarakat.
B. Desain Karya Inovatif
Desain adalah rencana atau gambar yang dibuat untuk memperlihatkan tampilan dan fungsi dari karya inovatif yang kita buat.
C. Proposal Karya Inovatif
Menyusun karya inovatif Pendidikan membutuhkan perencanaan. Hal ini dilakukan agar karya inovatif yang akan kita buat sesuai dengan harapan dan memaksimalkan kemanfaatan. Langkah membuat perencanaan adalah dengan menyusun proposal karya inovatif sebagai pedoman kita dalam membuat karya inovatif Pendidikan.
Sistematika Penulisan Proposal Karya Inovatif
- Judul (Judul karya inovatif yang akan dibuat dan hanya diperbolehkan maksimal 15 kata), Penyusun dan instansi
- Pengesahan Proposal Karya Inovatif
- Daftar Isi
- Pendahuluan
- Tinjauan Pustaka
- Tahapan pelaksanaan
- Biaya dan Jadwal Kegiatan
- Daftar Pustaka
- Lampiran
Posting Komentar
Apa Tanggapan Anda?