Follow My Instagram

Tugas CGP - Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.1

Bismillahirrahmanirrahim…
Pada kesempatan jurnal refleksi dwi mingguan pertama ini tepatnya pada modul 1.1. Saya akan menggunakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway yaitu 4F. 4F dapat diterjemahkan juga menjadi 4P, antara lain:
  1. Facts (Peristiwa)
  2. Feelings (Perasaan)
  3. Findings (Pembelajaran)
  4. Future (Penerapan)
Mari langsung saja menuju jurnal refleksi dwi mingguan modul 1.1 saya yang pertama.


    Facts (Peristiwa)

    Pada Hari Jum’at, 15 Maret 2024 pukul 09.00 WIB Program Guru Penggerak (PGP) resmi di buka secara nasional oleh Ditjen GTK melalui platform YouTube. Setelah itu Sabtu, 16 Maret 2024 dikuatkan lagi oleh Balai Guru Penggerak (BGP) Aceh sekaligus menumbuhkan antusias kami dan mengajari kami LMS untuk keikutsertaan kami dalam PGP ini.

    Selanjutnya, kami mulai menjelajahi LMS Diklat PGP (mulai dari diri, eksplorasi konsep, ruang kolaborasi, demontrasi kontekstual, elaborasi pemahaman, koneksi antar materi dan aksi nyata) serta pembagian kelas sesuai dengan yang dibagikan oleh fasilitator (Ibu Leny Nurdiyaningsih) dan Pengajar Praktik (Ibu Faridah Lia).

    Dalam ruang kolaborasi peserta CGP dibagikan ke dalam beberapa kelompok dan saya masuk ke dalam kelompok 2 yang terdiri dari Pak Fauzan, Ibu Rita dan Ibu Ilhartuty yang mana mereka berasal dari sekolah yang berbeda-beda meskipun dalam satu kabupaten yang sama. Dalam ruang kolabotrasi ini saya mendapatkan banyak ilmu terutama terkait konsep pendidikan KHD yang sudah pernah kami lalui bersama-sama di sekolah kami masing-masing yaitu ”Bersikap Sosial, Gotong Royong, Kerjasama dengan mengunjungi orang yang mengalami musibah”.

    Pada Minggu, 24 Maret 2024 kami diundang ke SMKN Al Mubarkeya pada acara Lokakarya Orientasi yang dilaksanakan oleh BGP Provinsi Aceh. Dalam hal ini saya selaku CGP merasa sangat senang karena keterlibatan kepala dan pengawas sekolah yang mana ini membuktikan komitmen dan support yang luar biasa dari mereka kepada saya melalui BGP Aceh dan Kemdiknbudristek. Adapun pada lokakarya orientasi saya bersyukur sekali karena bisa bertatap muka langsung dengan para Calon Guru Penggerak guna untuk saling berbagi kolaborasi antar sesama, membuat komitmen dengan kepala sekolah, melakukan refleksi diri serta membuat rencana tindak lanjut ke depannya.


    Feelings (Perasaan)

    Awalnya saya merasa gugup dan takut saat nama saya dinyatakan lulus sebagai CGP angkatan X. Namun, seiring dorongan dari kawan-kawan CGP angkatan sebelumnya saya mulai berpikir untuk melanjutkan program ini guna untuk kemaslahatan sekolah saya dan jenjang karir saya ke depan. Meskipun awalnya saya merasa akan sulit ternyata setelah saya melalui hari per hari ternyata sangat amat menyenangkan. Hal ini ada dikarenakan kolaborasi antar CGP, support dari PP dan fasilitator.

    Namun, setelah lokakarya orientasi saya mulai mendapatkan tekanan dari lintas lini. Namun, tekanan ini menjadikan saya semakin termotivasi untuk menyelesaikan PGP ini. Karena saya yakin materi dari PGP ini sangat layak untuk diaplikasikan di sekolah terutama di sekolah saya bertugas yang terletak jauh dari perkotaan alias di daerah khusus yaitu SMP Negeri 1 Pulo Aceh.


    Findings (Pembelajaran)

    Setelah mengikuti rangkaian kegiatan Modul 1.1 saya mendapatkan banyak ilmu baru terkait konsep pendidikan yang dipeloporo oleh Ki Hadjar Dewantara. Selain itu juga saya mendapatkan pengalaman belajar dan mengajar serta berkolaborasi antar sesama rekan guru, kepala sekolah, pengawas sekolah bahkan dengan warga lingkungan sekolah.


    Future (Penerapan)

    Saya yakin dengan memahami konsep filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara saya berkeinginan:
    1. Memperbaiki pembelajaran di kelas dengan menerapkan proses pembelajaran yang berpusata pada murid.
    2. Memberikan pembelajaran sesuai bakat, minat. Kebutuhan dan kodrat dari murid sendiri.
    3. Menggunakan metode dan strategi pembelajaran yang variatif, inovatif dan kreatif dengan memanfaatkan teknologi.
    Sekian jurnal refleksi dwi mingguan modul 1.1 dari saya.
    Semoga bermanfaat.
    Baca Juga

    Kolom Komentar

    Apa Tanggapan Anda?

    Lebih baru Lebih lama

    Ayo Lihat Produk Kami..!!