Follow My Instagram

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1

Bismillahirrahmanirrahim.
Saya bernama Indra Kurniawan mengucapkan ribuan terima kasih kapada seluruh pihak yang telah memberikan saya kesempatan untuk menjadi peserta CGP pada angkatan X ini terutama kepada Ibu Leny selaku Fasilitator yang siap siaga mefasilitasi saya baik di G-Meet ataupun di WAG selama 2 minggu terakhir. Baiklah pada artikel kali ini saya akan merangkum materi dari Modul 1.1 guna untuk menguatkan pemahaman saya sekaligus memenuhi tugas 1.1.a.8.

Sebagai latar belakang awal, dalam modul 1.1 ini menjelaskan tentang arah pendidikan yang diusung oleh pahlawan nasional sekaligus bapak pendidikan nasional yaitu Ki Hadjar Dewantara atau yang disingkat dengan KHD. Yang dari sinilah saya memahami konsep pendidikan yang dibawakan oleh beliau sangatkah ramah dengan lingkungan anak-anak. Beliaupun rela mempertaruhkan nyawa beliau demi bergeraknya pendidikan Indonesia ke arah yang lebih baik pada masa penjajahan waktu itu sehingga beliau diasingkan ke luar negeri (Belanda) dan beliau rela melepaskan kehormatan beliau untuk berbaur dengan msyarakat Indonesia kalangan bawah pada waktu itu. Disinilah beliau juga menanamkan nilai-nilai untuk menjadi seorang pendidik juga butuh perjuangan. Adapun semboyan kuat beliau untuk pendidik yang masih diingat sampai sekarang yakni,“Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani”.

Menurut Ki Hajar Dewantara Pendidikan adalah tempat persemaian benih-benih kebudayaan dalam masyarakat. Pendidikan dapat menjadi ruang berlatih dan bertumbuhnya nilai-nilai kemanusiaan yang dapat diteruskan atau di wariskan. Dan Pendidik di ibaratkan petani/tukang kebun kehidupan yang fungsinya menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatan qodrat yang ada pada murid, agar memperbaiki lakunya hidup dan tumbuhnya kekuatan qodrat anak. Maka dari itu sebagai guru mampu menuntun lakunya murid sesuai garis qodrat murid agar murid bisa merdeka lahir dan batin, guna bekal hidup di masayarakat.

Selanjutnya saya akan merefleksi diri melalu 3 pertanyaan berikut


    Apa yang Anda percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum Anda mempelajari modul 1.1?

    Sebelum saya mempelajari modul ini, saya berkeyakinan bahwa;
    1. Guru full aktif dalam pembelajaran, murid hanya mendengarkan saja.
    2. Pembelajaran hanya ada dalam kelas, setelah itu nafsi-nafsi antar guru dan murid.
    3. Pendidikan dan pembelajaran sama maknanya namun hanya beda penerapnnya.
    4. Siswa harus mengikuti kehendak yang diinginkan oleh guru selama dalam proses pembelajaran berlangsung.
    5. Di ruang guru tidak ada kolaborasi melainkan hanya koordinasi terkait struktur organisasi di sekolah.

    Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku Anda setelah mempelajari modul ini?

    Setelah saya mempelajari modul ini saya mulai menganalisa dan memahami bahwa konsep pendidikan ini sangatlah berfokus pada murid bukan guru yang mana guru harus mampu beradaptasi dengan keadaan zaman dan murid itu sendiri. Jadi, dari modul ini boleh saya simpulkan guru harus memprioritaskan murid untuk mencapai tujuan pembelajaran dari MAPEL yang diampu. Selanjutnya, Pembelajaranpun tidak hanya di dalam kelas/ PBM melainkan guru juga bisa melaksanakan tugasnya sebagai pengajar/ pendidik saat siswa di kantin bahkan main bola di lapangan dengan metode pendekatan tertentu. Selanjutnya, ternyata pendidikan memiliki makna yang luas yang lebih ke arah mengarahkan bakat, minat atau karakter murid dari yang kurang baik menjadi lebih baik sedangkan pembelajaran proses pentranferan ilmu pengetahuan saja.

    Nah, disinilah saya sadar ternyata menjadi guru benar-benar tidak mudah. Hal ini dikarenakan saya selaku guru dituntut untuk lebih kreatif dari segala arah demi mencapai tujuan pendidikan Nasional dan untuk memanusiakan manusia. Tapi, saya rasa apa yang saya lakukan dibals dengan keceriaan dan kesenangan murid saat belajar dan pasca PBM ataupun saat diluar jam sekolah. Dan terakhir, saya senang ketika saya tidak duduk dalam kesendirian menghabiskan waktu yang unfaedah melainkan saya sangat senang saat saya berguna untuk orang lain terutama rekan seprogfesi saya. Hitung-hitung amal ibadah shadaqah jariyah juga bisa memberikan dampak positif bagi lingkungan sekolah.

    Apa yang dapat segera Anda terapkan lebih baik agar kelas Anda mencerminkan pemikiran KHD?

    Dalam hal ini saya akan merubah gaya mengajar saya yang dulunya berfokus pada saya, sekarang saya ingin saya menjadi fasilitator dalam PBM sehingga murid mampu berekspresi bebas dalam menerima materi yang ingin saya capai. Selanjutnya, saya ingin membuat suasana belajar yang aman nyaman dan merdeka dengan kesepakatan kelas yang kami bangun antar guru dan murid. Selanjutnya, saya ingin membuat kegiatan pembelajaran lebih banyak mendorong murid untuk berfikir kritis, kreatif dengan membangun semangat dan memberi kalimat-kalimat pemantik atau motivasi, sehingga pembelajaran lebih berpusat pada murid. ucapan yang saya berikan pada murid lebih banyak yang membangun semangat tidak mendoktrin dan menghakimi muird. Selain itu saya juga tidak memaksakan murid untuk mengerjakan kegiatan yang saya pilih, akan tetapi saya lebih membangun tanggung jawab pada setiap murid untuk bisa bertanggung jawab apa yang menjadi kewajibanya.

    Untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menarik, inovatif saya menyiapkan kegiatan pembelajaran yang beragam dengan beberapa ragam main, selain itu juga terkadang kami melakukan kegiatan pembelajaran di luar kelas. Murid saya ajak belajar sambil bermain di luar kelas agar tercipta suasana baru dan bisa membangun semangat belajar murid, serta bisa lebih mengenal lingkungan sekitar. Karena pada dasarnya guru adalah penuntun maka saya sebagai guru hanya menuntun dan tidak menuntut. Selain menuntun mengembangkan potensi atau keahlian yang di miliki murid, guru juga menuntun sikap perilaku anak, agar anak- anak mempunyai kepribadian yang baik bekal untuk hidup di masyarakat, bisa merdeka lahir dan batin, serta dapat memerdekakan diri sendiri dan orang lain.

    Sekian yang bisa saya simpulkan untuk tugas modul ini. Semoga bermanfaat.
    Wallahu A’lam.
    Baca Juga

    Kolom Komentar

    Apa Tanggapan Anda?

    Lebih baru Lebih lama

    Ayo Lihat Produk Kami..!!