RPP SHALAT JUM'AT
Sekolah : SMP Negeri 1 Pulo AcehMata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi PekertiKelas/ Semester : VII/ 2Materi Pokok : Salat JumatAlokasi Waktu : 2 Pertemuan (6 Jam Pelajaran)Kode KD : 1.9, 2.9, 3.9, 4.9.
A. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1:
Melalui model pembelajaran pencarian informasi (information search), peserta didik mampu:
- Menyebutkan arti salat jum’at dengan benar
- Menyebutkan hukum salat jum’at dengan baik
- Mengungkapkan enam syarat wajib salat jumat dengan benar
- Menjelaskan empat syarat sah mendirikan salat jumat dengan tepat
- Menyebutkan arti khotbah jumat dengan tepat
- Mengungkapkan enam rukun khotbah jumat secara berurutan
- Menguraikan empat sunat yang berkaitan dengan salat jumat dengan jelas
- Menjelaskan dua adab melaksanakan salat jumat dengan baik
- Menyebutkan empat halangan salat jumat dengan benar
- Menjelaskan empat hikmah salat jumat
Pertemuan 2:Melalui model pembelajaran bermain peran (role playing), peserta didik mampu:
- Mempraktikkan khotbah jumat dengan baik
- Mempraktikkan tata cara salat jumat dengan benar
B. Langkah-Langkah (Kegiatan)Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan:
- Membuka pembelajaran dengan mengucap salam, dilanjutkan salah seorang peserta didik memimpin doa akan belajar dan pembacaan al-Quran surah pilihan.
- Melakukan appersepsi dan memotivasi peserta didik pentingnya mempelajari materi salat jumat.
- Menyampaikan kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, dan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
- Mengadakan tes awal (pretest).
b. Kegiatan Inti:Pertemuan 1:
- 1) Pembentukan lima kelompok.
- 2) Setiap kelompok menerima sejumlah pertanyaan dalam kertas lembar kerja.
- 3) Setiap kelompok mencari dan menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut dengan mengambil referensi, baik dari buku maupun dari HP/internet.
- 4) Setiap kelompok menuliskan jawaban-jawaban atas pertanyaan yang telah diajukan dalam lembar kerja.
- 5) Setaip kelompok presentasi dan kelompok lain mengkritisi atau menanggapimya.
Pertemuan 2:
- Pembagian lima kelompok.
- Tiap kelompok mengamati tayangan tentang tata cara khotbah dan salat jumat.
- Tiap kelompok membuat skenario khotbah dan praktik salat jumat.
- Tiap kelompok berlatih khotbah jumat dan praktik salat jumat.
- Tiap kelompok mendemontsrasikan khotbah jumat dan praktik tata cara salat jumat.
- Kelompok lain memperhatikan dan menanggapinya.
c. Kegiatan Penutup:
- Pemberikan penguatan dan menyimpulkan materi salat jumat.
- Peserta didik bersama guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
- Peserta didik mengungkapkan pesan moral yang diperoleh dari pembelajaran.
- Peserta didik mengerjakan tes akhir (post test).
- Penyampaikan rencana kegiatan pertemuan berikutnya.
- Peserta didik dan guru bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.
C. Penilaian Pembelajaran
- Sikap Spiritual: Teknik Penilaian: Observasi; Bentuk Instrumen : Jurnal.
- Sikap Sosial: Teknik Penilaian: Observasi; Bentuk Instrumen: Jurnal.
- Pengetahuan: Teknik Penilaian: Tes Tertulis; Bentuk Instrumen: Lembaran Tes Tertulis.
- Keterampilan: Teknik Penilaian: Praktik; Bentuk Instrumen: Lembar Penilaian Praktik.
Aceh Besar, Juli 2020
Mengetahui;
Kepala SMP Negeri 1 Pulo Aceh, Guru Mata Pelajaran,
Radenroro Dwilistia Candramila, SH, Indra Kurniawan, S. Pd. I
NIP. 19711122 200504 2 002, NIP. 19920904 201903 1 011
Posting Komentar
Apa Tanggapan Anda?