Follow My Instagram

Materi PAI Kelas 8 BAB 5 Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan pada Masa Umayyah

Halo adik-adik yang ganteng dan cantik yang pastinya siswa-siswi baik budi pada orang tua dan guru semuanya. Kali ini kita akan membahas ringkasan Materi PAI Kelas 8 BAB 5 Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan pada Masa Umayyah. Selamat belajar! Oh Ya, biasakan belajar di tempat yang nyaman agar tetap selalu fokus. Satu lagi, Jangan lupa follow Instagram kami
@pakiindra.abes agar dapat belajar dan informasi menarik yang lainnya, ya.

    Mengenal Kekhalifahan Bani Umayyah

    Kekhalifahan Bani Umayyah adalah kepemimpinan Negara Islam di bawah pimpinan Bani (keturunan) Umayyah. Daulah Umayyah mengalami dua periode, yaitu periode di Damaskus Dan di Cordoba, Andalusia.

    Kekhalifahan Bani Umayyah di Damaskus berdiri selama 90 tahun (40 – 132 H / 661 – 750 M).Pendirinya bernama Muawiyah bin Abi Sufyan bin Harb bin Umayyah.Masa keemasan Bani Umayyah di Damaskus adalah pada saat pemerintahan Al-Walid bin Abdul Malik dan Umar bin Abdul Aziz.

    Pemerintahan Daulah Umayyah di Andalusia (Spanyol) berdiri selama 275 tahun (756 M – 1031 M), Cordoba menjadi pusat pemerintahannya.Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan terjadi pada masa pemerintahan Amir yang ke-8 yakni Abdurrahman an-Nasir dan Amir Yang ke-9 yakni Hakam al-Muntasir.

    Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan

    Pada masa pemerintahan Bani Umayyah, ilmu pengetahuan mengalami kemajuan yang sangat berarti, khususnya dalam bidang
    • Ilmu Kimia
    • Kedokteran
    • Sejarah
    • Bahasa dan sastra

    Pertumbuhan Kebudayaan

    Selain ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayah juga berhasilmengembangkan bidang lainnya, yaitu :
    • Arsitektur
    • Perdagangan
    • Organisasi Militer
    • Kerajinan
    Nah, selesai sudah pembahasan ringkas untuk Materi PAI Kelas 8 BAB 5 Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan pada Masa Umayyah untuk lebih rinci silahakan baca buku PAI unuk siswa kelas 8. Jangan lupa follow Instagram kami @pakiindra.abes agar dapat belajar dan info menarik yang lainnya, ya. Best of Luck.
    Baca Juga

    Kolom Komentar

    Apa Tanggapan Anda?

    Lebih baru Lebih lama

    Ayo Lihat Produk Kami..!!