Follow My Instagram

Materi PAI Kelas 8 BAB 7 Meneladani Kemuliaan dan Kejujuran Para Rasul Allah Swt

Halo adik-adik yang ganteng dan cantik yang pastinya siswa-siswi baik budi pada orang tua dan guru semuanya. Kali ini kita akan membahas ringkasan Materi PAI Kelas 8 BAB 7 Meneladani Kemuliaan dan Kejujuran Para Rasul Allah Swt. Selamat belajar! Oh Ya, biasakan belajar di tempat yang nyaman agar tetap selalu fokus. Satu lagi, Jangan lupa follow Instagram kami
@pakiindra.abes agar dapat belajar dan informasi menarik yang lainnya, ya.

    Pengertian Iman Kepada Rasul

    Pengertian iman kepada Rasul adalah meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah telah mengutus para rasulNya untuk menyampaikan wahyu kepada umatnya.

    Tugas Para Rasul

    • Sebagai pembawa ajaran tauhid yang benar, yakni mengesakan Allah dan meluruskan kembali ajaran tauhid yang sesat di kalangan kaumnya.
    • Sebagai pembawa kabar gembira bahwa hamba-hamba Allah yang taat kelak akan mendapatkan balasan kebaikan di surga.
    • Sebagai pemberi peringatan bahwa manusia yang ingkar, berbuat kejahatan, maksiat, dan menganiaya akan mendapatkan balasan di neraka.

    Sifat-sifat Para Rasul

    Para Rasul mempunyai sifat atau kepribadian yang akan dijadikan teladan atau contoh bagi umatnya. Selain sifat wajib yang harus dimiliki oleh para rasul, juga ada sifat mustahil, dan sifat jaiz. Berikut rinciannya

    Sifat Wajib

    1. Siddiq
    2. Amanah
    3. Tablig
    4. Fatanah

    Sifat Mustahil

    1. Kidzib
    2. Khianat
    3. Kitman
    4. Baladah

    Sifat Jaiz

    Sifat Jaiz para rasul ada 1 yaitu “Iradhul Basyariyah” yaitu memiliki sifat dan kebutuhan hidup sebagaimana manusia pada umumnya.

    Jumlah Rasul

    Jumlah rasul yang wajib diketahui ada 25, yaitu: Adam, Idris, Nuh, Hud, Shaleh, Ibrahim, Luth, Ismail, Ishaq, Yaqub, Yusuf, Ayub, Syuaib, Musa, Harun, Zulkifli, Daud, Sulaiman, Ilyas, Ilyasa, Yunus, Zakaria, Yahya, Isa, dan Muhammad.

    Rasul Ulul Azmi

    Ulul azmi artinya orang-orang yang memiliki keteguhan hati dalam menghadapi dan cobaan dari Allah Swt.Ada 5 rasul yang diberi gelar tersebut, yaitu: Nuh a.s., Ibrahim a.s., Musa a.As., Asas., dan Muhammad saw.

    Hikmah Beriman Kepada Rasul

    Diantara hikmah yang bisa diambil dari beriman kepada Rasul adalah:
    • Meneladani sifat-sifat mulia para Nabi dan Rasul, seperti bersikap adil, jujur, kesabaran, keteguhan, dan semangatnya dalam berdakwah menegakkan ajaran-ajaran Allah Swt.
    • Selalu meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah.
    • Selalu patuh dan taat dalam melaksanakan semua yang diperintahkan oleh Allah dan menjauhi apa yang menjadi laranganNya.
    Nah, selesai sudah pembahasan ringkas untuk Materi PAI Kelas 8 BAB 7 Meneladani Kemuliaan dan Kejujuran Para Rasul Allah Swt untuk lebih rinci silahakan baca buku PAI unuk siswa kelas 8. Jangan lupa follow Instagram kami @pakiindra.abes agar dapat belajar dan info menarik yang lainnya, ya. Best of Luck.
    Baca Juga

    Kolom Komentar

    Apa Tanggapan Anda?

    Lebih baru Lebih lama

    Ayo Lihat Produk Kami..!!